Senin, 04 Agustus 2008 15:15 wib

 

AMERIKA – Sebuah lembaga karikatur di Amerika Serikat mengadakan perlombaan kartun terbaik pada bulan ini. Lantas, kartun seperti apa yang kemudian menjadi juara dalam kompetisi tersebut?

Seperti dikutip dari situs factjo.com, Senin (4/8/2008), kartun yang menggambarkan persetruan anak Israel dan Palestina lah yang menjadi pemenang lomba tersebut.

Kartun itu kemudian diberikan judul seperti judul film Jet Lee yang terkenal “Once Upon A Time in China” yang kemudian diplesetkan menjadi “Once Upon A Time in Rafah”. Rafah adalah nama salah satu kota di Palestina yang kini sedang mengalami ketegangan antara Palestina dan Israel.

Ide pembuatan kartun itu sendiri tercetus dan direfleksikan dari perasaan benci kaum Zionis Yahudi terhadap Palestina yang kemudian menurunkan kebencian itu hingga ke anak-anak mereka sampai pada tahap yang paling benci.

Dalam gambar kartun itu juga terjadi percakapan antara anak kecil berbendera Israel yang sedang menunjuk seorang bocah yang membawa bendera Palestina yang sudah compang-camping.

Dalam dialog kedua anak itu disebutkan;

Anak Israel: “Ayah saya berkata kepada ku jika kalian orang Arab adalah teroris paling kejam!

Anak Palestina: Ayah saya tidak mengatakan apa-apa. Karena dia telah tewas dibunuh bangsa kalian!

sumber : OKEZONE.COM